Kedokteran merupakan jurusan yang paling populer. Salah satu alasannya lantaran prospek kerja yang tinggi bagi lulusannya. Ada beberapa jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran, salah satunya yaitu kedokteran gigi. Jurusan tersebut tidak kalah diminati dibandingkan jurusan kedokteran lain seperti farmasi, kedokteran umum, dan lain sebagainya. Pada umumnya lulusan jurusan dokter gigi akan menjadi seorang dokter gigi namun di instansi yang cukup beragam, bukan hanya rumah sakit saja. Berikut ini adalah prospek kerja lulusannya yang perlu Anda ketahui:

Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Gigi

  1. Dokter gigi di rumah sakit pemerintah

Prospek kerja pertama yaitu dokter gigi di rumah sakit pemerintah. Biasanya pemerintah membuka lowongan dokter gigi melalui perekrutan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Anda yang lulus tes PNS bisa kerja di rumah sakit pemerintah dengan status PNS.

  1. Dokter gigi di rumah sakit swasta

Selain rumah sakit pemerintah, Anda juga bisa bekerja di rumah sakit swasta. Gajinya yang tinggi menjadi alasan mengapa banyak orang tertarik bekerja di rumah sakit swasta. Namun hal tersebut tergantung dari kebijakan rumah sakit.

kedokteran gigi
  1. Membuka klinik sendiri

Tidak ingin bekerja di rumah sakit? Anda bisa membuka klinik sendiri. Kelebihan klinik sendiri yaitu bisa menentukan tarif sendiri. Namun ada cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuka klinik sendiri. 

  1. Menjadi dosen

Dosen di jurusan kedokteran gigi adalah ahli di bidang kesehatan gigi. Jika ingin menjadi dosen, Anda harus melanjutkan kuliah terlebih dahulu. Pasalnya dosen bisa dimasuki oleh minimal lulusan S2 atau Magister.

  1. Dokter gigi di kepolisian

Mungkin belum banyak di antara Anda yang tahu jika dokter gigi juga bisa bekerja di kepolisian. Hal tersebut lantaran proses pendaftaran kepolisian harus melalui tahap pengecekan kesehatan gigi. Dokter gigi yang kemudian bertanggung jawab atas proses tersebut.

  1. Dokter gigi di militer

Sama seperti kepolisian, proses seleksi militer juga membutuhkan dokter gigi. Selain itu, dokter gigi biasanya juga akan memeriksa gigi dari anggota militer. Jika menjadi dokter gigi di militer, Anda bisa bertemu secara langsung dengan calon taruna bangsa.

  1. Peneliti

Selain dokter gigi di berbagai instansi atau dosen di sebuah kampus, lulusan dokter gigi ternyata juga bisa menjadi seorang peneliti. Apabila Anda sangat suka meneliti dan bereksperimen, maka profesi ini sangat cocok untuk Anda. Hasil penelitian yang dilakukan tim akan sangat berguna untuk orang banyak.

Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha adalah salah satu universitas yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Universitas ini menawarkan jurusan kedokteran gigi dengan berbagai kelebihan berikut ini:

  1. Banyak beasiswa

Universitas Kristen Maranatha menawarkan banyak jalur beasiswa untuk calon mahasiswa. Saat ini ada tiga jalur yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu beasiswa internal, khusus, dan juga eksternal.

  1. Fasilitas lengkap

Fasilitas menjadi hal yang sangat penting dalam proses belajar. Universitas ini menyediakan fasilitas yang lengkap sehingga Anda bisa belajar secara efektif dan efisien. Fasilitasnya termasuk laboratorium, perpustakaan, rumah sakit, dan lain sebagainya.

  1. Kurikulum

Kurikulum atau kompetensi yang diberikan sudah sesuai dengan standar. Universitas Kristen Maranatha menggunakan kurikulum sesuai Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Itulah informasi mengenai prospek kerja lulusan dokter gigi beserta dengan rekomendasi universitas yang menyediakannya. Apabila tertarik dengan Universitas Kristen Maranatha, Anda bisa mencari informasi lebih lengkap di www.maranatha.edu