Tidak bisa dipungkiri, AC merupakan salah satu alat yang keberadaannya sangat penting terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dengan cuaca yang panas. AC mampu mendinginkan ruangan yang panas dengan cepat, sehingga anda tak perlu berlama-lama kepanasan saat AC dinyalakan. Kini banyak sekali berbagai merek dan tipe AC yang bisa anda beli di pasaran, baik secara offline maupun online salah satunya di situs MatahariMall.com karena disana terdapat banyak sekali AC murah hemat listrik pula. Ngomong-ngomong soal hemat listrik, memang banyak sekali pengguna AC yang merasa bahwa setelah memasang AC di rumah tagihan listrik semakin membengkak. Maka dari itu, sebelum membeli sebaiknya anda meriset terlebih dahulu merek AC manakah yang paling hemat. Anda bisa mencari informasi di Google ataupun bisa menanyakan langsung kepada seseorang yang telah menggunakannya. Namun selain dari merek AC itu tersendiri, cara penggunaannya pun dapat berpengaruh terhadap tagihan listrik anda. Berikut cara penggunaan AC agar tagihan listrik anda tetap hemat.

 

mataharimall-5

 

  • Tidak menyetel suhu dibawah 22 derajat

Ketika kita merasa kepanasan apalagi sehabis beraktivitas di luar ruangan ataupun setelah berolah raga, para pengguna AC biasanya akan menyetel suhu pada remote AC di suhu minimum yaitu 16 derajat agar dapat merasakan udara sejuk dengan cepat. Namun tahukah  anda cara itu dapat membuat boros listrik? Itu dikarenakan saat kita menyetel suhu di 16 derajat, tentu akan membuat AC bekerja lebih keras agar suhu di ruangan tersebut bisa mencapai 16 derajat. Namun karena kita tinggal di Indonesia, tentu mana mungkin suhu udara bisa mencapai 16 derajat. Apabila hal itu terus dibiarkan maka AC akan bekerja terus tanpa berhenti. Dengan begitu otomatis tagihan listrik anda akan meningkat. Maka dari itu sebaiknya anda menyetel suhu minimal 22 derajat, karena saat AC mencapai suhu tersebut AC akan berhenti bekerja dan hanya mengeluarkan udara layaknya kipas angin,

  • Pilihlah PK AC yang sesuai dengan kebutuhan

Perlu anda ketahui, dalam pemilihan PK AC juga harus dipertimbangkan karena beda ukuran ruangan pasti beda pula PK AC yang dibutuhkan. Maka dari itu, pilihlah PK AC yang sesuai dengan ruangan anda agar dapat menghemat listrik anda. Untuk ruangan berukuran 10 m2 anda bisa memilih AC dengan ½PK, untuk ruangan berukuran 14 m2 bisa memilih AC dengan ¾PK, untuk ruangan berukuran 18 m2 bisa memilih AC dengan 1PK, untuk ruangan berukuran 24 m2 bisa memilih AC dengan 1½PK, dan untuk ruangan berukuran 36 m2 bisa memilih AC dengan ukuran 2PK.

  • Jangan lupa lakukan cuci AC secara rutin

Dalam penggunaan AC di rumah, anda juga harus ingat bahwa AC membutuhkan berbagai perawatan agar tidak cepat rusak. Lakukanlah cuci AC minimal 3 bulan sekali agar kotoran seperti debu yang menempel pada AC tidak menumpuk. Apalagi AC jarang di cuci, debu yang menempel terutama di bagian dalam AC akan semakin banyak. Hal itu akan berpengaruh pada kinerja AC, yang mana kotoran yang menempel pada AC membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan dengan begitu tagihan listrik anda akan membengkak.
Itulah beberapa cara penggunaan AC agar tagihan listrik anda lebih hemat. Selain itu pastikan anda juga membeli AC dengan fitur hemat listrik, akar tagihan listrik semakin hemat. Agar makin hemat lagi, anda bisa membeli berbagai jenis AC di toko online karena harganya cenderung lebih murah salah satunya di MatahariMall.com karena disana terdapat banyak sekali AC murah hemat listrik pula. Semoga bermanfaat!