Memberikan yang terbaik buat tumbuh kembang anak adalah tindakan yang selalu dilakukan oleh para orang tua khususnya bunda. Mereka berupaya mencari tahu apa saja yang perlu disiapkan mulai dari makanan, minuman hingga pola asuh yang tepat. Tujuannya jelas, guna menyiapkan masa depan anak yang gemilang kedepannya terutama dalam hal kecerdasan.

Berbicara soal kecerdasan maka tidak bisa lepas dari yang namanya asupan makanan sehari hari. Jika dari kecil anak sudah dikenalkan dengan makanan yang sifatnya instan, maka bisa saja mempengaruhi perilaku sehari hari. Sebaliknya, jika makanan yang dikonsumsi sehat dan bergizi, maka kebutuhan nutrisi otak anak akan terpenuhi.

nutrisi otak anak
nutrisi otak anak

Cukup banyak pilihan makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari guna memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Mulai dari tahu, ikan, daging, buah, sayuran dan asam lemak esensial seperti kacang kacangan adalah bahan makanan yang sangat mudah ditemukan baik di pusat perbelanjaan maupun pasar tradisional.

Nah, tugas bunda yang mengolah bahan makanan tersebut menjadi makanan sehat dan bergizi serta menarik minat si kecil. Karena tidak dipungkiri jika anak susah makan adalh masalah hampir seluruh ibu di dunia. Yang menjadi persoalan adalah jika tak kunjung disiasati maka nutrisi otak anak tidak terpenuhi dengan baik. Dan tentu saja beresiko pada kecerdasan anak nantinya.

Sebagai alternatif, bunda bisa memberikan susu yang mengandung banyak vitamin, kalsium, lemak, asam esensial dan protein yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi si kecil. Saat ini cukup banyak jenis susu yang bisa dipilih namun tetap sesuaikan dengan usia, jenis kelamin, berat badan dan tinggi badan. Tak lupa juga bunda harus memperhatikan takaran yang diperbolehkan untuk diminum setiap hari.

Meski demikian, bunda juga harus tetap menyajikan makanan dengan gizi seimbang agar kebutuhan nutrisi otak anak terpenuhi dengan baik. Dibutuhkan kreativitas tinggi agar si kecil bisa menyantap makanan bergizi tersebut. Cukup banyak sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat makanan yang ramah dengan lidah mereka.