Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) merupakan sebuah penyakit atau masalah kesehatan yang umumnya terjadi pada kucing terutama menyerang kucing jantan. Penyakit Flutd pada kucing ini akan mengganggu bagian vesika urinaria (VU) dan juga uretra kucing.

Gangguan penyakit pada uretra tersebut terjadi dikarenakan oleh struktur uretra kucing jantan yang berbentuk seperti tabung dan memiliki bagian yang menyempit sehingga akan sering menimbulkan penyumbatan urin dari VU ke bagian luar tubuh. FLUTD kucing dapat terjadi di beberapa kondisi yang akan menyerang bagian saluran urinaria kucing. 

Penyakit yang terjadi pada kucing satu ini ditandai dengan adanya pembentukan kristal di dalam VU kucing. Kristal tersebut nantinya akan menyebabkan inflamasi, kesulitan buang air kecil, perdarahan pada urin, hingga beberapa kasus lainnya yang beresiko terjadinya kematian. Penyebab umum terjadinya penyakit flutd kucing ini biasanya disebabkan karena adanya radang dan juga infeksi.

Flutd Kucing

Penyebab Terjadinya Flutd Kucing

Kasus flutd kucing sudah sering terjadi dan ditemukan yang tak jarang menimbulkan kematian pada kucing. Maka dari itu, kenali penyebab terjadinya penyakit flutd berikut ini.

Stress

Penyebab utama yang sering menyebabkan penyakit pada kucing yaitu stress. Kucing yang stress akan mudah untuk terserang penyakit seperti flutd. Biasanya kucing akan stress di waktu-waktu tertentu atau ketika ia merasa tidak aman.

Dehidrasi/Kurang Air

Penyebab kedua yang sering menyebabkan penyakit flutd kucing yaitu karena kucing kekurangan air. Kucing sama halnya dengan manusia, ketika ia terlalu sering makan namun jarang minum maka kucing akan kekurangan asupan mineral yang menyebabkan banyak gangguan kesehatan seperti flutd.

Uroliths

Bahkan sekitar 15% hingga 20% kasus flutd disebabkan oleh uroliths. Uroliths tersebut biasanya terletak pada kandung kemih namun tak memungkiri uroliths juga terletak pada ginjal.

Diet/Cat Food

Pembatasan makanan pada kucing juga dapat memicu terjadinya flutd. Pastikan Anda sebagai pemilik kucing selalu memperhatikan asupan makanan dan jangan melakukan pembatasan makanan kucing khususnya pembatasan konsumsi magnesium.

Itulah penjelasan mengenai penyakit flutd kucing yang sering menyerang khususnya pada kucing jantan. Pastikan Anda selalu memperhatikan seluruh asupan makanan dan juga air kucing agar tubuhnya mampu mencerna makanan dengan baik dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Untuk makanan terbaik kucing, Anda dapat memilih Royal Canin sebagai makanan kaya akan asupan dan membuat kucing menjadi sehat, anti obesitas, dan juga terhindar dari flutd pada kucing.