Video animasi saat ini mudah Anda temukan di berbagai platform online misalnya seperti Youtube dan Instagram. Beberapa orang mengunggahnya untuk membuat konten atau mempromosikan keahliannya untuk mendapatkan pelanggan. Selain itu, dunia animasi yang semakin berkembang juga membuat Anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan. Jika tertarik di dunia animasi, Anda perlu kuliah animasi terlebih dahulu di institusi pendidikan tinggi yang tepat.

Namun sebelum masuk perkuliahan, ada baiknya Anda mengenal beberapa aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuat animasi. Jadi ketika masuk perkuliahan, Anda sudah memiliki bekal tersendiri. Langsung saja, berikut ini adalah aplikasi-aplikasinya:

Adobe After Effects

Adobe After Effects memiliki fungsi untuk animasi 2D dan juga gambar bergerak. Sebelum mulai membelinya, Anda bisa lebih dulu mendaftar uji coba secara gratis selama 30 hari. Ada banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi satu ini. Tidak hanya untuk membuat animasi saja, Adobe After Effects juga bisa digunakan untuk editing video.

Apple Motion

Aplikasi selanjutnya yang perlu Anda pelajari sebelum kuliah animasi adalah Apple Motion. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa digunakan oleh pengguna Mac OS X. beberapa hal yang bisa dilakukan dengan Apple Motion yaitu membuat animasi titling sederhana, mengkomposisikan 3D, pelacakan gerak, dan pewarnaan vektor. 

kuliah animasi

Animatron

Mencari aplikasi yang gratis? Salah satu pilihannya adalah aplikasi Animatron. Aplikasi yang gratis untuk penggunaan standar ini bisa digunakan untuk membuat presentasi, konten visual untuk pemasaran, dan mempelajari animasi. Anda bisa menggunakan secara online tanpa meng-installnya di PC atau laptop. Meskipun online, namun Animatron tetap memiliki fungsi yang baik, terutama jika digunakan untuk belajar.

Wideo

Wideo adalah aplikasi yang masih berada dalam tahap beta namun sudah cukup populer dan banyak diminati. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara bebas untuk membuat short animation promotion. Ada beberapa template dan gambar yang bisa Anda gunakan untuk membuat video animasi pendek. Kebanyakan video animasi tersebut bertujuan untuk kepentingan bisnis.

Go! Animate

Sama seperti Animatron, Go! Animate merupakan aplikasi berbasis online yang bisa dipakai untuk pekerjaan, proyek sederhana, maupun tugas kuliah. Setidaknya ada 50 template kartun dengan berbagai macam pose yang menarik. Selain itu ada 20 track music, 20 background, dan 200 alat peraga yang bisa dipilih. Jika kurang cocok dengan template yang ada, Anda juga bisa merekam suara sendiri.

Xtranormal

Aplikasi Xtranormal bisa digunakan untuk belajar video animasi 3D. Jika ingin berlangganan maka Anda akan mendapatkan paket profesional dengan banyak fitur yang bisa digunakan. Setidaknya ada 500 karakter dengan 80 pergerakan, 20 bahasa, serta 200 background yang bisa dipilih.

Itulah beberapa aplikasi yang perlu Anda kenal sebelum kuliah animasi. Aplikasi-aplikasi tersebut sederhana sehingga cocok bagi Anda yang masih pemula. Setelah mengenal aplikasi untuk membuat animasi, selanjutnya Anda perlu memilih institusi pendidikan tinggi yang tepat. IDS atau International Design School. Di kampus ini Anda akan belajar bersama tim pengajar yang berpengalaman untuk mendapatkan skill sesuai kebutuhan dunia animasi saat ini. 

Bukan hanya tim pengajar yang kompeten saja, ada beberapa kelebihan lainnya dari IDS di antaranya yaitu fasilitas lengkap, kurikulum berbasis internasional, serta kesempatan belajar di luar negeri dengan biaya lebih terjangkau. Anda bisa mendapatkan kesempatan belajar di Australia karena IDS bekerja sama dengan dua universitas ternama yaitu JMC Academy dan Griffith University. Tertarik menjadi bagian dari International Design School? Segera daftarkan diri melalui website idseducation.com.