Saat ini kebutuhan listrik semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah populasi penduduk dan juga pembangunan rumah yang tiada hentinya setiap hari. Hal ini pula yang mendorong meningkatnya pemasangan listrik baru. Selain itu juga adanya permintaan tambah daya setrum lebih besar, baik dari pelanggan rumah tangga maupun untuk keperluan industri. Dengan semakin bertambahnya pengguna listrik, maka sebagai pelanggan listrik, kamu juga harus memenuhi kewajiban kamu untuk bayar tagihan listrik.

Listrik yang kamu dan seluruh masyarakat Indonesia gunakan saat ini dikelola oleh  PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero). BUMN tersebut menjalankan mandat dari Presiden untuk membangun pembangkit listrik sebesar 35.000 Megawatt (MW) untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu dengan tertib dan disiplin membayar tagihan, maka kamu juga ikut andil membantu agar seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaat listrik.

Sebelum kamu bayar tagihan listrik, akan ada baiknya jika kamu mengecek berapa jumlah yang harus kamu bayar. Bahkan kamu bisa mengeceknya secara online. Kamu hanya cukup mengakses website www.pln.co.id dan kamu bisa memasukkan ID pelanggan yang terdiri dari 12 angka. Setelah itu kamu bisa memasukkan kata sandi yang tertera pada halaman situs PLN tersebut. Kemudian disitu akan tertera jumlah tagihan listrik yang harus kamu bayar.

Bayar Tagihan Listrik

Selain itu juga ada cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan membayar tagihan melalui aplikasi SimobiPlus dari Bank Sinarmas. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah mengakses dan juga bayar tagihan listrik lebih mudah. Perhatikan cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi SimobiPlus Mobile Apps pada smartphone kamu
  2. Klik pada menu “Bayar Tagihan Listrik”
  3. Pilih jenis tagihan. Pada SimobiPlus Mobile Apps terdapat berbagai pilihan mulai dari pembayaran tagihan PLN Prepaid, Postpaid, dan Taglis
  4. Apabila kamu menggunakan listrik pascabayar maka kamu harus memasukkan nomor meteran/ID pelanggan
  5. Pilih rekening dan masukkan nominal tagihan listrik
  6. Kemudian terdapat konfirmasi yang tertera pada screen smartphone kamu
  7. Masukkan EasyPIN
  8. Pembayaran telah selesai dan kamu bisa keluar dari aplikasi

Awalnya pembayaran listrik itu harus antre di kantor PLN. Namun sekarang seiring perkembangan zaman, pembayaran rekening listrik dapat dilakukan secara online di loket-loket atau bank yang bekerja sama dengan PLN, sehingga kamu tidak perlu lagi harus menunggu antrian panjang di kantor PLN. Dengan adanya fasilitas online seperti ini, pelanggan menjadi lebih dimudahkan. Berikut tempat pembayaran rekening listrik secara online yang bisa kamu datangi:

  1. Mitra Perbankan, ATM, Internet Banking dan SMS Banking

Selain itu kamu juga dapat membayar listrik pascabayar atau membeli pulsa listrik untuk prabayar di loket-loket penyedia jasa PPOB (Payment Point Online Banking), yaitu berbagai macam perbankan yang bekerja sama dengan PLN melalui ATM, Internet Banking dan juga SMS Banking dari Bank Sinarmas. Maka ketika kamu akan membayarnya, kamu akan langsung masuk ke kas PLN secara real time.

  1. Via E-Commerce

Layanan ini merupakan penerapan metode cashless yang digunakan sebagai metode pembayaran atau dikenal dengan istilah fintech. Sekarang kamu bisa melakukan pembayaran apa saja termasuk tagihan listrik tanpa perlu membawa banyak uang tunai di dalam dompet. Kamu hanya cukup mengakses pembayarannya melalui aplikasi e-commerce yang bekerjasama dengan PLN.

Demikian informasi mengenai cara membayar tagihan listrik secara online yang bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin, karena memang pada dasarnya adanya layanan seperti ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggannya. Dengan memanfaatkan cara pembayaran online seperti ini maka kamu bisa memanfaatkan waktu seefisien mungkin.