Nutrisi tidak hanya berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil secara fisik. Nutrisi juga dapat memengaruhi perkembangan otak si kecil. Pasalnya, ada cukup banyak jenis nutrisi anak yang bagus untuk perkembangan otak mereka. Nah, di sini kami akan coba jelaskan informasinya secara detail kepada Anda.

Nutrisi anak penting sekali untuk Anda perhatikan. Pasalnya, asupan nutrisi pada si kecil merupakan tanggung jawab orangtuanya. Nah, berikut akan kami jelaskan apa saja nutrisi-nutrisi yang bagus untuk kecerdasan dan perkembangan otak si kecil.

1.  Folat (Vitamin B9)

Folat merupakan bentuk dari vitamin B9 secara alami. Kandungan ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Maka dari itu, nutrisi yang bagus untuk kecerdasan ini hanya bisa didapatkan dari makanan saja.

Kandungan ini sangat dibutuhkan sekali untuk membentuk DNA dan juga menguatkan sistem saraf pada otak selama masa pertumbuhan. Hal ini juga dikuatkan oleh Mott Children’s Hospital. Kandungan asam folat ini juga dapat membantu mencegah anemia pada anak.

nutrisi anak

2.  Kandungan Kolin

Kolin merupakan salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan fungsi otak anak-anak. Kolin sendiri merupakan jenis senyawa kimia yang larut air yang memiliki fungsi layaknya vitamin. Kolin sendiri masih satu keluarga dengan folat dan juga vitamin B kompleks.

Karena hubungannya yang masih erat dengan folat dan juga vitamin B, kolin ini juga dikenal sebagai salah satu mikronutrien yang sangat penting sekali untuk menjalankan berbagai jenis fungsi tubuh.

3.  Kandungan Vitamin B12

Vitamin B adalah salah satu vitamin yang tak kalah penting dengan vitamin-vitamin lain. Vitamin B12 ini merupakan salah satu vitamin yang juga sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh kita. Kandungan ini sangat penting sekali untuk anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang.

Vitamin B12 masuk ke dalam nutrisi yang memiliki peran penting untuk perkembangan otak si kecil agar tumbuh menjadi anak yang cerdas. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Food and Nutrition Bulletin pernah memaparkan bahwa anak yang kekurangan vitamin ini rentan mengalami peradangan.

4.  Kandungan Omega 3 dan Omega 6

Dua kandungan ini merupakan jenis asam lemak yang dibutuhkan oleh anak-anak. Anda pasti pernah mendengar istilah AA dan DHA. Kedua istilah ini adalah istilah lain untuk asam omega 3 dan juga omega 6.

Kandungan nutrisi ini bagus untuk menunjang perkembangan otak anak agar lebih optimal. Sangat dibutuhkan sekali di masa tumbuh kembangnya. Tujuannya agar tumbuh kembang mereka menjadi semakin optimal.

DHA sendiri merupakan bagian dari asam lemak omega 3 yang bisa membangun 3% dari total berat otak. Hal ini tentu saja memiliki manfaat besar untuk mengoptimalkan otak si kecil.

5.  Kandungan Zat Besi

Kandungan yang satu ini juga mungkin sudah Anda kenali. Atau setidaknya Anda sering mendengarnya bukan? Nah, zat besi sendiri merupakan jenis kandungan yang juga bagus untuk perkembangan otak dan kecerdasan si kecil agar semakin optimal.

Zat besi berperan penting sebagai zat yang dapat mengangkut oksigen ke setiap sel di dalam tubuh, termasuk otak. Peranannya inilah yang mampu meningkatkan kemampuan fungsi otak menjadi semakin optimal. Zat besi juga merupakan kandungan yang biasanya ada pada sereal, nasi, biji-bijian, dan protein hewani.

Demikian informasi seputar kandungan nutrisi anak yang bagus untuk perkembangan otak dan kecerdasan si kecil. Semoga dapat menambah wawasan Anda. Pastikan Anda memenuhi asupan nutrisi di atas untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, khususnya perkembangan kecerdasan dan otak.