Ketika bertransaksi secara global, Anda mungkin akan menjumpai nilai tukar mata uang atau kurs. Nilai tukar tersebut merupakan penggambaran harga mata uang suatu negara terhadap mata uang dari negara lainnya. Setiap hari, nilai tukar mata uang selalu berubah, termasuk dengan mata uang Indonesia. Harga rupiah selalu naik turun dan tidak bisa diprediksi. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang memengaruhi harga dari rupiah, di antaranya yaitu:

Perbedaan Inflasi

Tingkat inflasi yang berbeda menjadi faktor penentu harga dari rupiah yang pertama. Jika tingkat inflasi di Indonesia berjalan lambat, maka nilai mata uang bisa lebih stabil. Begitu pula sebaliknya, apabila inflasi tinggi maka mata uang akan semakin lemah.

Perbedaan Suku Bunga

Perbedaan suku bunga menjadi hal selanjutnya yang berpengaruh pada harga rupiah. Hal tersebut lantaran suku bunga yang diberikan memengaruhi inflasi yang terjadi di suatu negara.

harga rupiah

Utang Publik

Negara membutuhkan biaya untuk melakukan proyek pembangunan untuk publik atau masyarakat. Apabila defisit dan utang publik besar, maka investor asing kurang tertarik. Utang tersebut kemudian menimbulkan inflasi yang membuat mata uang lemah.

Defisit Neraca Berjalan

Neraca berjalan menggambarkan tentang pembayaran antara negara untuk barang, suku bunga, jasa, dan dividen. Defisit dalam neraca berjalan menandakan jika Indonesia lebih banyak membeli dari luar negeri dibandingkan menjual. Jika permintaan mata uang asing tinggi, maka nilai tukar rupiah akan menurun.

Ketentuan Perdagangan

Ketentuan perdagangan membandingkan rasio harga impor dan ekspor. Hal ini juga berkaitan dengan keseimbangan pembayaran dan neraca berjalan. Apabila nilai ekspor naik maka permintaan mata uang akan meningkat sehingga mata uang menjadi lebih kuat, begitu pula sebaliknya.

Stabilitas Publik dan Kinerja Ekonomi

Hal terakhir yang memengaruhi harga dari rupiah adalah stabilitas publik dan kinerja ekonomi. Investor tidak ingin mengambil risiko sehingga mencari negara dengan keadaan politik dan ekonomi yang baik.

Itulah beberapa hal yang berpengaruh terhadap harga rupiah. Karena tidak bisa diprediksi, Anda harus selalu update nilai rupiah terhadap mata uang asing. Salah satu caranya yaitu dengan mengakses website Bank Danamon. Bank Danamon selalu memberikan update nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Website dari bank swasta ini yaitu www.danamon.co.id