Program double degree merupakan salah satu program perkuliahan yang ditawarkan oleh international university atau universitas bertaraf internasional. Jika mengambil program double degree, mahasiswa akan kuliah di dua negara yaitu Indonesia dan negara mitra kampus. Biasanya kampus di Indonesia akan bekerja sama dengan kampus luar negeri. Jadi mahasiswa bisa memilih kampus mitra mana yang diinginkan. Kuliah double degree tentu saja diidamkan oleh semua mahasiswa. Pasalnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan yaitu sebagai berikut:

Bisa Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya Lebih Terjangkau

Kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itu yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa Indonesia akhirnya mengubur impian untuk kuliah di negara orang. Program double degree merupakan salah satu cara agar bisa kuliah di luar negeri dengan biaya lebih terjangkau. Pasalnya perkuliahan yang dilakukan di mitra kampus hanya setengah dari total masa studi. Untuk S1 biasanya hanya 2 tahun saja sehingga lebih terjangkau.

Mengetahui Sistem Pembelajaran di Luar Negeri

Sistem pembelajaran yang ada di Indonesia dengan sistem pembelajaran luar negeri tentu saja berbeda. Anda yang mengambil double degree memiliki pengalaman belajar di luar negeri. Jadi Anda mengetahui bagaimana sistem pembelajarannya. Hal tersebut membuat Anda selangkah lebih maju dibandingkan mereka yang hanya kuliah di dalam negeri.

international university

Mendapatkan Dua Gelar Bergengsi

Keuntungan utama dari program double degree adalah mendapatkan dua gelar bergengsi. Setelah lulus, Anda akan mendapatkan gelar dari dalam negeri dan gelar internasional. Contohnya jika Anda lulus jurusan sains, maka Anda bisa mendapatkan dua gelar yaitu S.Si., B.Sc. Gelar S.Si (Sarjana Sains) merupakan gelar dalam negeri, sedangkan B.Sc (Bachelor of Science) adalah gelar internasional.

Mudah Berkarir di Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional tentu saja akan lebih mempertimbangkan lulusan double degree dibandingkan lulusan dalam negeri saja. Pasalnya mereka berpikir bahwa lulusan double degree memiliki sudut pandang secara global. Sedangkan perusahaan multinasional bekerja berdasarkan sudut pandang global tersebut.

Memiliki Kemampuan Bahasa Asing yang Baik

Meskipun terasa sangat menguntungkan, namun menjadi mahasiswa double degree tidak mudah. Anda harus melalui serangkaian tes sebelum diterima menjadi mahasiswa program double degree. Salah satu tes yang pastinya harus dilalui oleh pendaftar adalah bahasa asing. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang wajib dikuasai dengan skor minimal tertentu. Selain itu, terkadang Anda juga harus menguasai bahasa asing kampus negara asal.

Memiliki Jaringan Pertemanan yang Luas

Mahasiswa double degree akan kuliah di kampus Indonesia maupun luar negeri. Oleh sebab itu mereka akan bertemu dengan lebih banyak orang. Apalagi orang-orang yang kuliah double degree adalah orang yang kompeten sehingga ada banyak hal yang bisa dipelajari. Pertemanan yang berkualitas akan sangat menguntungkan Anda saat berkarir.

Lebih Produktif di Usia Muda

Keuntungan terakhir jika mengambil program double degree adalah lebih produktif di usia muda. Mahasiswa double degree harus produktif dalam belajar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan sampai dua gelar yang dimiliki tidak menghasilkan kompetensi yang layak digunakan bersaing di dunia kerja.

Universitas Internasional dengan Program Double Degree

Universitas Indonesia atau UI merupakan kampus di Indonesia yang menawarkan program double degree. Tidak hanya untuk program pendidikan sarjana saja, double degree juga ditawarkan untuk gelar pasca sarjana. 

Ada dua jalur masuk yang ditawarkan untuk Anda yang ingin double degree di international university ini. Jalur pertama adalah tanpa tes yaitu Talent Scouting (TS). Sedangkan jalur kedua adalah jalur mandiri yaitu SIMAK. Informasi pendaftaran double degree di Universitas Indonesia akan selalu diperbarui di website kampus yaitu www.ui.ac.id

Meta Des: