Inkontinensia merupakan masalah kesehatan yang paling sering menimpa anjing betina. Meskipun begitu, bukan berarti anjing jantan tidak memiliki risiko inkontinensia. Inkontinensia urine pada anjing jantan dan betina sama-sama harus segera diobati. Pasalnya ada kemungkinan inkontinensia menandakan penyakit yang lebih serius. Untuk mengobatinya, Anda perlu mengetahui penyebab dan gejalanya berikut ini:

Penyebab Inkontinensia Pada Anjing Jantan

Inkontinensia bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kandungan kemih yang lemah, penyumbatan, infeksi, stres, cedera tulang, dan lain sebagainya. Dalam kasus yang jarang, inkontinensia juga bisa menjadi salah satu tanda dari penyakit serius seperti kanker dan prostat.

Apapun masalah dan bagaimana pun keadaan anjing, apabila terjadi gejala inkontinensia, maka segera bawa ke dokter hewan. Anjing jantan yang lebih tua biasanya mengalami inkontinensia saat kadar hormon turun. Sementara anjing jantan yang lebih muda mengalami inkontinensia setelah dikebiri atau sterilisasi.

Kondisi tersebut bisa mempengaruhi semua ras anjing, akan tetapi ada ras tertentu yang lebih rentan mengalami inkontinensia dibandingkan dengan ras lain. Beberapa contohnya yaitu ras retriever labrador, siberian husky, poodle miniature, terrier putih highland barat, dan welsh corgis.

inkontinensia urine

Gejala Inkontinensia Pada Anjing Jantan

Hal terpenting adalah memahami gejala inkontinensia sehingga bisa memberikan penanganan yang tepat. Memang tampak biasa namun masalah kesehatan satu ini harus diatasi sesegera mungkin. 

Gejala utama anjing jantan mengalami inkontinensia adalah sering kencing sembarangan. Beberapa orang sulit membedakannya karena anjing jantan suka kencing untuk menandai wilayah.

Kencing untuk menandai wilayah dilakukan sukarela, tapi kencing karena inkontinensia terjadi bukan karena kehendak anjing. Jadi mereka bisa kencing di mana saja, termasuk saat tidur. Tanda lain yaitu sering menjilati alat kelamin dan buang air kecil berlebihan. 

Itulah pembahasan mengenai penyebab serta gejala inkontinensia urine pada anjing jantan. Jika anabul milik Anda mengalami gejala-gejala tersebut, maka segera bawa mereka ke dokter hewan. Dokter akan memberikan pengobatan sesuai penyebab dan tingkat keparahan penyakit.

Selain itu, Anda juga harus selalu merawat anjing dengan memberikan makanan sehat. Royal Canin menawarkan makanan anjing yang bisa disesuaikan kondisi kesehatan anjing. Informasi varian makanan anjing dan pemesanannya bisa Anda lihat di www.royalcanin.com