Pinjaman online identik dengan sesuatu yang merugikan dan akan membuat Anda kesulitan di masa depan. Namun hal tersebut tidak berlaku dengan pinjaman online syariah. Pinjaman online konvensional dianggap merugikan karena bunganya yang sangat besar. Sedangkan pinjaman syariah tidak menerapkan bunga sehingga dianggap aman. Meskipun begitu, Anda tetap perlu waspada jika akan mengajukan pinjaman online. Ketahui perbedaan pinjaman legal dan ilegal agar tidak salah dalam memilih:

Identitas dan Kredibilitas Lembaga Keuangan

Identitas dan kredibilitas menjadi perbedaan pertama yang perlu Anda pahami. Pada umumnya, lembaga keuangan ilegal memiliki identitas yang jelas. Sebagai contoh alamat kantor, website, call center, aplikasi, dan lain sebagainya. Selain itu, lembaga keuangan juga memiliki kredibilitas tinggi di mata masyarakat. Berbeda dengan lembaga ilegal, mereka biasanya tidak memiliki identitas maupun kredibilitas yang jelas.

Perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan

Perbedaan pinjaman online syariah legal dan ilegal selanjutnya yaitu ada pada perizinan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Semua layanan jasa keuangan yang legal harus terdaftar di OJK. Oleh sebab itu, lembaga yang legal pasti terdaftar OJK dan lembaga yang ilegal tidak terdaftar di OJK.

Persyaratan Pengajuan

Persyaratan pengajuan lembaga keuangan legal biasanya lebih banyak dibandingkan lembaga ilegal. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan nasabah memang mampu membayar cicilan agar tidak menyulitkan kedua pihak. Berbeda dengan lembaga ilegal, biasanya mereka memberikan syarat yang terlalu mudah seperti hanya nomor rekening dan KTP saja. 

Sistem Penagihan Pinjaman

Penagihan pinjaman pada lembaga syariah legal tidak dilakukan dengan cara pemaksaan. Mereka menerapkan semua aturan Islam dalam proses transaksi. Sebaliknya, penagihan pinjaman pada lembaga keuangan ilegal biasanya dilakukan secara pemaksaan dan merugikan nasabah.

Itulah beberapa perbedaan antara pinjaman online syariah legal dan juga ilegal. Agar aman, sebaiknya Anda mengajukan pinjaman di bank yang kredibel seperti Bank Danamon. Bank swasta ini menawarkan produk pinjaman tanpa agunan dengan nama Kredit Tanpa Agunan (KTA) Dana Instant. Tidak hanya tanpa agunan saja, namun proses pencairan dana juga cepat. Anda yang membutuhkan dana cepat bisa terbantu dengan mudah. Informasi lainnya mengenai KTA Dana Instant dari Bank Danamon dapat Anda lihat di www.danamon.co.id