Seiring terus bertambahnya usia anak maka untuk perkembang fisik dan mental anak juga terus tumbuh dengan baik. Hal tersebut bisa terjadi jika kebutuhan akan nutrisinya setiap hari terpenuhi dengan baik. Pemenuhan nutrisi yang sesuai dengan perkembangan usia anak memiliki peranan penting mulai dari kesehatan, daya tahan tubuh, kecerdasan, emosional, dan yang lainnya. Ketidakcukupan akan asupan nutrisi anak yang diberikan bisa berakibat pada adanya gangguan dalam pertumbuhannya dan ini bisa terus terjadi sampai usia dewasa anak.

Karena pentingnya akan pemenuhan nutrisi anak maka sebagai orang tua bisa melakukan berbagai tips pembiasaan yang bisa membentuk hal baik untuk anak setiap harinya. Terutama yang berhubungan dengan pemenuhan nutrisi anak ada beberapa tips mudah seperti melakukan berbagai pembiasaan berikut ini.

nutrisi anak
  1. Biasakan anak untuk selalu sarapan sebelum beraktivitas. Dalam suatu penelitian disebutkan ternyata anak-anak yang memang sudah terbiasa sarapan sebelum berangkat ke sekolah dengan yang tidak sarapan terlebih dahulu memiliki tingkat konsentrasi belajar yang tinggi. Hal ini juga berpengaruh untuk kecerdasan dan ketahanan fisiknya. Selain itu dengan pembiasaan sarapan semenjak kecil akan membentuk pola makan yang sehat bagi anak, selain itu pemenuhan nutrisi anak juga bisa terpenuhi dengan pembiasaan sarapan semenjak kecil. 
  2. Berikan dan ajarkan menu makanan yang sehat. Yang namanya anak-anak pasti menyukai jenis makanan tertentu saja atau banyak juga yang susah sekali makan. Dari itu ajarkan untik anak memilih jenis-jenis makanan sehat. Mengajarkan pola makanan yang sehat bisa dengan memberikan menu seperti sayuran sejak dini sehingga menjadi kebiasaan dalam menu makan anak. Selain itu berikan juga menu makanan seperti ikan, ayam, daging sapi, buah-buahan, dan juga susu. Lakukan pemberian jenis makanan ini secara bergantian sehingga anak mengenalnya.
  3. Berikan cemilan sehat. Selain memberikan jenis makanan tertentu yang sehat sebagai orang tua dapat juga memberikan si kecil makanan sehat berupa cemilan. Cemilan ini dapat berupa potongan buah, yogurt, roti, dan yang lainnya. Untuk pemberian camilan ini usahakan hindari pemberian makanan yang banyak mengandung gula seperti coklat atau permen.
  4. Biarkan anak memilih jenis makanannya sendiri. Membiarkan disini maksudnya dengan tetap ada bimbingan ada sebagai orang tua dalam memilihkan makanan yang sehat dan bernutrisi untuk anak. Anda dapat berkomunikasi dengan anak akan menu makanan apa yang diinginkan sehingga anak bisa lebih semangat untuk makan. 
  5. Mengajak anak untuk masak bersama. Sebagai anak pastinya akan senang jika diajak beraktivitas bersama orang tuanya. Hal ini dapat dimanfaatkan seperti mengajak anak memasak bersama untuk makanan keseharian anak, atau bekal anak pergi ke sekolah. Pembiasaan seperti ini selain membuat anak senang dan bisa mengkonsumsi makanan sehat juga membuatnya memiliki kepandaian lainnya dalam mengolah makanan.
  6. Berikan porsi kecil untuk makan anak. Memberikan porsi makan anak yang kecil bisa menjadi tips lainnya untuk menumbuhkan rasa tertarik anak pada makanan. Porsi makan yang kecil bisa membuat anak bisa menghabiskan makanannya dibandingkan dengan porsi yang besar, karena cenderung membuat anak tidak menghabiskannya. 

Pembiasaan yang tepat dapat juga dengan memberikan asupan makanan lainnya seperti susu yang bernutrisi tinggi untuk pemenuhan keseharian gizi anak. Pilih susu yang terbaik dan memberikan asupan nutrisi untuk kecerdasan dan fisik anak seperti dari Nutricia yang berpengalaman dalam memberikan susu terbaik untuk anak anda.