Salah satu perhiasan yang masih memiliki banyak penggemarnya hingga saat ini adalah kalung berlian berkualitas. Bukannya tanpa alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, karena memiliki kalung berlian ini memiliki banyak kelebihannya ketika dimiliki, dan juga ketika dipakai di berbagai kesempatan. 

Kalaupun dalam waktu dekat ini Anda sudah memiliki rencana untuk membeli kalung berlian ini, tapi masih belum tahu bagaimana cara menemukan yang berkualitas, maka bisa menyimak ulasan dibawah ini. 

Cara Mengenali Perhiasan Berlian yang Berkualitas

Untuk mengenali seberapa berkualitasnya sebuah kalung berlian wanita ini, maka setidaknya bisa disimak sebagai berikut: 

  1. Lihat dari Seberapa Besar Karatnya

Untuk mengenali seberapa berkualitasnya sebuah berlian, bisa Anda lihat pertama kali dari besaran karat yang ada pada berliannya itu sendiri. 

Sebagai gambaran, satu karat pada berlian ini dapat disetarakan dengan 200 gram. Ukuran karat perhiasan berlian yang dijual, biasanya dimulai dari angka 0,1 sampai 1,0. Yang mana semakin besar tingkatan karat pada berliannya, maka akan semakin mahal pula harga jualnya. 

  1. Perhatikan Potongannya 

Potongan pada berlian akan sangat berpengaruh terhadap pantulan yang akan dihasilkan pada berliannya itu sendiri. Dengan demikian, semakin baik potongan berlian yang proporsional, maka akan semakin baik pula daya kilau yang dipancarkannya. 

Untuk melihat potongan pada berliannya sendiri, bisa Anda lihat dari setiap sisi pada berliannya, baik itu yang berbentuk kotak, oval, bundar dan lain sebagainya. 

kalung berlian berkualitas
  1. Lihat dari Warnanya

Warna yang ditampilkan dari sebuah berlian juga akan sangat berpengaruh terhadap seberapa berkualitasnya sebuah berlian. Yang mana berlian dengan kualitas terbaik, biasanya adalah berlian yang malah tidak memiliki warna sama sekali, alias jernih. 

Untuk pilihan warna dari berlian ini sendiri dimulai dari yang berwarna putih sampai berlian yang berwarna kuning. GIA sendiri menentukan kualitas warna dari berlian dengan berdasarkan skala D sampai Z. 

Yang dimana skala dalam berlian sendiri merupakan warna terbaik yaitu warna yang bening, dan skala Z untuk jenis berlian dengan warna yang kurang baik, dengan memiliki warna kekuningan sampai agak kecoklatan. 

Warna dari berlian ini sendiri bisa muncul berbeda-beda, karena berbagai alasan tertentu. Seperti misalnya karena sudah terkena radiasi, tekanan tinggi, suhu yang tinggi, dan lain sebagainya. 

  1. Perhatikan Kejernihan Pada Berliannya

Terakhir, Anda bisa melihat seberapa berkualitasnya berlian dengan memperhatikan kejernihan pada berliannya itu sendiri. Suatu berlian bisa dikatakan jernih apabila tidak terdapat kecacatan yang cukup fatal pada struktur berliannya itu sendiri.

Selain itu berlian yang jernih juga dipastikan harus terbebas dari yang namanya goresan dan juga berbagai noda yang menempel. 

Tingkatan kejernihan berliannya ini sendiri bisa dihitung dengan berdasarkan skala yang sudah dibuat oleh GIA, sebagai sebuah institusi di Amerika yang sudah banyak diakui untuk bisa menguji kualitas sebuah berlian.

 Yang mana tingkatan kejernihan berlian ini diantaranya ada flawless, internal flawless, VVS1, VVS2 dan VS2. Semakin baik tingkat kejernihan pada berliannya, maka secara otomatis akan semakin mahal juga harganya. 

Rekomendasi Pilihan Kalung Berlian Terbaik

Masih bingung dalam memilih kalung berlian berkualitas? Tenang saja kali ini kami berani untuk merekomendasikan untuk Anda memilih kalung berlian berkualitas dari Mondial Jeweler.

Dalam koleksi terbarunya dari series Mondial Dreams, toko perhiasan yang satu ini menawarkan kalung berlian terbaik nya yaitu Dreams Fancy Necklace with Pendant and Chain. Dengan desainnya yang elegan, akan membuat Anda sukses menjadi pusat perhatian dimanapun Anda berada.

Semoga bermanfaat!