Jerawat yang muncul di kulit wajah tidaklah sama, ada banyak macam jenis jerawat salah satunya adalah jerawat batu.  Ini sangat masuk akal, mengingat ada begitu banyak faktor yang timbul yaitu kebersihan, hormon, dan genetika – yang dapat menyebabkan dan memperburuk jerawat Anda. Tetapi pengetahuan adalah kekuatan, dan hanya mengetahui bahwa ada jenis yang berbeda dan bahwa setiap jenis memerlukan rencana serangannya sendiri membuat Anda berada di depan.

Setelah Anda mengetahui apa yang sedang Anda kerjakan, itu akan jauh lebih mudah untuk ditangani. Dari sana, Anda dapat menentukan jenis bahan dan produk apa yang akan bekerja paling efisien untuk menghilangkan jerawat dan mencegah jerawat baru muncul (dan menggoda Anda untuk meletuskannya).

cara perawatan wajah berjerawat
cara perawatan wajah berjerawat

Ini adalah panduan utama untuk mengidentifikasi dan kemudian menghilangkan setiap jenis jerawat di luar sana, menurut ahli kulit bersertifikat. Cari tahu cara mengidentifikasi dan menangani berbagai jenis jerawat, termasuk komedo, komedo putih, jerawat batu, dan jerawat kistik – karena tidak semua formula pelawan jerawat yang diklaim efektif melawan semua jenis jerawat.

Sekarang, mari kita perjelas beberapa hal tentang berbagai jenis jerawat, sehingga Anda bisa mulai bekerja memperjelas kulit Anda.

  • Jerawat hormonal

Jerawat yang satu ini suka muncul dengan tiba-tiba di sekitar dagu dan rahang.

Apakah Anda cenderung mendapatkan jerawat pada waktu yang sama setiap bulan ? tepat sebelum Anda mendapatkan menstruasi? Karena ini adalah pekerjaan hormon yang berfluktuasi, kata Joshua Zeichner, seorang dokter kulit bersertifikat dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City. Hormon dapat membuat produksi minyak menjadi berlebihan, dan jika berlebihan berarti lebih mungkin mengendap di pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Cara Menanganinya: Pasangkan dua bahan pembasmi jerawat yang paling terkenal, asam salisilat dan benzoil peroksida, dalam seminggu menjelang menstruasi. Kombo ini dapat membantu mencegah jerawat hormonal terjadi sejak awal. Zeichner menyarankan untuk mengikuti pencucian asam salisilat seperti Neutrogena Oil-Free Acne Wash Pink Grapefruit Facial Cleanser, dengan perawatan tempat benzoyl peroxide seperti Glossier Zit Stick. Jika Anda masih melihat jerawat, “Kunjungi dokter kulit Anda untuk mendiskusikan pilihan resep, seperti pil KB, spironolakton oral – yang memblokir minyak – atau gel Aczone 7,5 persen topikal,” kata Zeichner. “Ini terbukti sangat efektif pada wanita dewasa tanpa menyebabkan iritasi.” Kontrasepsi oral mengurangi fluktuasi hormon tersebut, menjaga produksi minyak Anda tetap normal dan kulit Anda bersih.

  • Whiteheads

Jerawat khas dengan titik putih di tengahnya.

Ada yang salah dengan kulit anda. Salah satunya adalah pada pori-pori Anda yang tersumbat. “Sel-sel kulit saling menempel di dalam pori-pori Anda, menghalangi pembukaan,” jelas Zeichner. Putih yang Anda lihat di bagian atas – karenanya “whitehead” – adalah pori yang tersumbat. Minyak yang terperangkap di bawahnya bercampur dengan kotoran dan bakteri, menyebabkan peradangan dan benjolan merah bengkak yang akhirnya membuat jerawat.

Pertimbangkan asam salisilat sebagai senjata rahasia Anda. “Asam beta-hidroksi ini membantu menghilangkan minyak berlebih dan mengelupas sel-sel mati dari permukaan kulit untuk menjaga pori-pori tetap bersih,” kata Zeichner. Coba Clinique’s Acne Solution Clearing Gel, pemenang Best of Beauty dua kali yang mengemas asam salisilat dan ekstrak cambuk laut – bahan dengan sifat menenangkan kulit – untuk membantu mengatasi kekeringan yang kadang-kadang disebabkan oleh asam salisilat. Formulanya berfungsi ganda: Berfungsi sebagai perawatan di tempat untuk jerawat ringan hingga sedang dan sebagai perawatan allover setiap malam untuk pencegahan jerawat. Dan karena sudah mengering, Anda bisa memakainya untuk melawan jerawat kapan pun, dimana pun.

  • Jerawat Radang: Papula

Bercak kecil, jerawat merah yang tidak muncul di kepala.

Jerawat ini adalah jenis peradangan jerawat, dan disebabkan oleh bakteri. “Pertumbuhan bakteri p. Acnes di kulit memicu peradangan, menyebabkan benjolan jerawat menjadi merah dan lembut,” kata Zeichner.

Cara Menanganinya: Taruhan terbaik Anda adalah benzoyl peroxide. “Benzoil peroksida dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan,” kata Zeichner. Cobalah krim seperti La Roche-Posay Effaclar Duo Perawatan Jerawat Aksi Ganda, yang juga terkelupas dengan asam lipo-hidroksi. Ketahuilah, bagaimanapun, bahwa ini bisa sangat mengeringkan kulit sehingga melembabkan dengan baik setelah Anda menggunakannya.