Kesehatan merupakan pertimbangan penting sebelum memutuskan membeli anjing. Pasalnya tidak semua anjing yang ada di pasaran memenuhi standar sehat untuk dijadikan peliharaan. Tentu saja Anda ingin beli anjing terbaik bukan? Oleh sebab itu, pastikan kesehatannya sebelum membeli. Berikut ini adalah cara cek kesehatan anjing yang bisa Anda lakukan:

Kondisi Pet Shop atau Tempat Ternak

Sebenarnya melalui kondisi pet shop atau tempat ternak Anda bisa mengetahui kesehatan anjing di dalamnya. Jika pet shop tidak bersih, maka sebaiknya cari pet shop lainnya saja. Pasalnya kesehatan anjing di dalamnya pastinya tidak terjaga dengan baik.

Keaktifan Anjing

Jika pet shop atau tempat ternak bersih, maka Anda bisa memeriksa anjing secara individual. Pilih salah satu anjing yang diinginkan lalu cek keaktifannya. Letakkan di lantai dan ajak anjing untuk berjalan. Jangan memilih anjing yang lemas atau malas bergerak. 

Periksa Kotoran Anjing

Kotoran atau poop anjing yang sehat tidak boleh cair. Walaupun makanan yang diberi lembek atau minum susu, kotoran anjing sehat tidak akan cair. Jangan percaya apabila ada yang mengatakan kotoran cair karena makanannya cair.

Periksa Kulit Anjing 

Setelah memeriksa kotoran, periksa juga kulit anjing untuk melihat apakah ada luka atau tidak. Jangan memilih anjing yang memiliki luka, borokan, ataupun kemerahan di kulit. Jangan percaya jika ada yang bilang luka tersebut karena berkelahi dengan sesama anjing. 

beli anjing

Periksa Gusi dan Lidah

Gusi dan lidah anjing bisa mengindikasikan kondisi kesehatannya. Anjing sehat memiliki lidah dan gusi berwarna pink, bukan hitam atau pink pucat. Namun ada beberapa ras anjing yang tidak demikian seperti chinese shar pei dan chow chow.

Periksa Mata

Bagian mata juga perlu Anda periksa untuk memastikan kesehatannya. Jangan memilih anjing jika matanya penuh air atau kotoran mata. Mata anjing yang sehat terlihat cerah dan tidak belekan.

Periksa Hidung

Terakhir yaitu memeriksa bagian hidung dari anjing yang akan Anda beli. Anjing pada umumnya memang memiliki hidung yang cenderung basah. Akan tetapi hidungnya tidak sampai mengeluarkan cairan kental kehijauan atau kekuningan. 

Itulah cara cek kesehatan sebelum beli anjing. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, maka Anda bisa mendapatkan anjing yang sehat. Selain itu, jangan lupa siapkan Royal Canin di rumah untuk menyambut datangnya anabul baru. Royal Canin pilihan tepat karena varian beragam dan kandungan nutrisinya lengkap.