Cutting atau potongan pada berlian adalah salah satu hal yang menentukan bentuk dari sebuah berlian. Baik itu jenis liontin berlian terjangkau, maupun tipe premium, umumnya memiliki jenis berlian yang tergolong beragam.

Bagi Anda yang belum tahu jenis-jenis potongan liontin berlian asli, berikut ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda informasi terkait beberapa jenisnya. Tujuannya agar Anda bisa menentukan potongan atau bentuk seperti apa yang Anda inginkan.

liontin berlian terjangkau

1.  Potongan Pear Shape

Sesuai namanya, model berlian ini memiliki bentuk yang sama seperti buah pear. Potongan buah pir ini juga memiliki model yang hampir mirip dengan tetesan air mata, sehingga berlian ini memiliki bentuk yang tergolong indah dan juga menawan.

Model pear shape memiliki bentuk yang runcing dibagian ujungnya. Potongan ini merupakan kombinasi dari bentuk round cut diamond dengan marquise cut yang memiliki bentuk runcing pada bagian ujungnya.

2.  Oval Cut

Banyak model perhiasan yang menggunakan bentuk berlian yang satu ini. Oval merupakan salah satu berlian yang memiliki sentuhan modern dan juga ramping. Selain itu, modelnya pun lebih lentik sehingga tampak begitu menawan.

Oval cut sendiri merupakan salah satu jenis potongan berlian yang sudah ada sejak lama. Bahkan, berlian model ini tercatat sudah ada sejak tahun 1950-an.

3.  Berlian Model Princess Cut

Sama seperti berlian-berlian yang lain, model princess juga merupakan salah satu model yang mudah sekali ditemukan. Bentuknya unik yaitu dibuat dengan model kotak yang memiliki pantulan cahaya pada bagian tengahnya.

Princess cut juga merupakan sebuah model berlian yang punya banyak pantulan cahaya yang ada di bagian tengah dan juga sudutnya. Keindahan princess cut ini juga sangat populer sekali digunakan untuk tunangan, pernikahan, hingga untuk liontin berlian.

4.  Berlian Model Marquise

Sebelumnya kami sudah menyinggung terkait model berlian berbentuk marquise ini, yang kemudian dikombinasikan dengan round cut diamond sehingga menghasilkan bentuk pear cut.

Marquise merupakan bentuk berlian yang runcing dibagian ujungnya. Nama Marquise sendiri diambil dari nama Marchioness Madame de Pompadour yang merupakan kekasih dari Raja Louis XV.

Sesuai dengan namanya, berlian ini dibuat untuk menunjukkan rasa cinta sang raja kepada kekasihnya. Sang raja kemudian menugaskan seorang ahli perhiasan untuk membuat berlian ini.

5.  Round Cut Diamond

Model berlian ini juga sudah coba kami singgung sebelumnya sebagai salah satu model yang populer. Berlian ini memiliki bentuk bulat yang sempurna. Bahkan bentuknya mampu menonjolkan keindahan berlian secara sempurna sehingga tampak lebih menawan dibandingkan dengan model berlian yang lain.

Selain untuk liontin, round cut diamond juga sangat ideal untuk berbagai kebutuhan perhiasan lainnya. Potongan berlian ini juga sering digunakan untuk cincin, terutama cincin pernikahan maupun tunangan.

6.  Cushion Cut Diamond

Cushion, atau pillow cut diamond merupakan sebuah berlian yang memiliki bentuk seperti bantal. Berlian ini memiliki pantulan cahaya yang bagus dan mampu membuat berlian tersebut tampak begitu berkilau.

Cushion cut adalah bentuk berlian yang seperti bujur sangkar dan juga persegi. Saat ini, model ini juga tidak kalah populer dengan model-model berlian yang lain seperti round cut diamond.

Sedang mencari perhiasan liontin berlian terjangkau yang menawarkan ragam pilihan model berlian yang menawan? Kini Anda bisa menemukannya di Mondial yang merupakan salah satu brand perhiasan ternama yang sudah mendunia. Anda bisa memilih banyak pilihan model hanya di brand perhiasan Mondial.