Pada saat ini, akses internet dan media sosial semakin mudah dan bisa dijangkau oleh semua orang dari berbagai kalangan. Hal tersebut secara tidak langsung turut membuat strategi pemasaran melalui content marketing menjadi sangat efektif. Tapi, bagaimanakah cara untuk mengaplikasikannya? Dan apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh bisnis Anda?

Nah, pada kesempatan kali ini, selain akan menjelaskan tentang apa itu content marketing, kami juga akan menjelaskan beberapa contoh pemasaran konten, penerapannya, serta manfaat dari content marketing untuk bisnis Anda

Contoh Content Marketing dan Penerapannya

Content marketing merupakan salah satu strategi atau metode pemasaran menggunakan beberapa jenis konten, seperti tulisan, video, maupun gambar. Pada dasarnya, konten adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan sebuah informasi atau pesan kepada para audiens yang melihatnya.

Nah, setelah mengetahui sekilas tentang pengertian dari konten pemasaran, untuk membantu Anda lebih memahaminya, dibawah ini kami akan mencoba untuk  menjelaskan beberapa strategi konten pemasaran yang dapat membantu pertumbuhan bisnis Anda.

  1. Content Marketing di Website

Konten pemasaran di website umumnya menggunakan sebuah copywriting atau teks pemasaran. Sebagai tambahan, website biasanya menjadi jembatan pertama antara pengusaha dengan para konsumennya di internet.

Oleh karena itu, untuk menerapkan konten pemasaran, Anda harus memiliki website agar pelanggan bisa menjangkau bisnis Anda dari mana saja mereka berada. 

Sebuah website juga umumnya menggunakan halaman statis, yang umumnya tidak terlalu sering berubah. Oleh karena itu, penggunaan copywriting yang kreatif dan menarik akan dapat membuat para audiens betah berlama-lama menjelajahi website Anda.

  1. Menulis konten marketing di blog

Berbeda halnya dengan website, menulis konten di blog bisa Anda lakukan dengan lebih bebas dan “liar”. Anda juga bisa memperbaharuinya setiap saat, atau memposting artikel konten setiap hari. 

Dengan menggunakan blog sebagai media konten pemasaran, Anda juga bisa sebuah menulis artikel dengan lebih panjang lebar dan jelas. Misalnya saja untuk mendeskripsikan sebuah produk, lalu menambahkan pesan yang sifatnya mengajak para pembaca untuk membeli produk Anda. 

  1. Merekam video dan mengunggahnya

Video juga merupakan sebuah konten yang bisa Anda manfaatkan sebagai konten pemasaran. Anda bisa mengunggahnya di berbagai platform yang bisa untuk mengunggah video seperti TikTok, YouTube, atau Instagram dan lain sebagainya.

Ketentuan di setiap platform tentu berbeda-beda, mulai dari durasi dan juga format video. Oleh karena itu pastikan Anda membuat konten yang sesuai dengan ketentuan tersebut. 

  1. Membuat desain infografik yang menarik

Selain konten dengan bentuk tulisan dan video, Anda juga bisa memanfaatkan infografik sebagai strategi konten pemasaran yang dapat turut mengembangkan bisnis Anda. Saat ini, konten-konten berupa audio dan visual sedang banyak sekali diminati oleh para pengguna internet, khususnya di Indonesia. Nah, oleh sebab itu, Anda bisa memaksimalkan kesempatan ini untuk membuat konten pemasaran berupa infografik.

Nah itulah pengertian dan beberapa contoh konten marketing serta cara penerapannya. Sebenarnya masih banyak konten lainnya yang bisa Anda terapkan untuk membuat bisnis Anda lebih berkembang. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa berkonsultasi dengan agensi yang ahli di bidang pemasaran digital seperti Ideoworks.id. Menjadikan Ideoworks.d sebagai partner untuk membangun serta mengembangkan bisnis Anda juga merupakan pilihan yang tepat. Dengan menjadikan mereka sebagai partner kerja, Anda dapat lebih fokus untuk mengembangkan kualitas produk atau jasa yang Anda miliki dan untuk urusan pemasaran digital, Anda bisa menyerahkannya pada ahlinya yaitu Ideowork.id.